3 Langkah Gampang Mengatasi Telegram Hambar No Reply Pada Esp8266



3 Langkah Mudah! Tutorial Menghidupkan dan Mematikan Lampu via Telegram
- Langkah Praktis Cara Mengendalikan Motor Servo Melalui Telegram
Tutorial Sensor Pir dan ESP8266 : Mengirim Notifikasi ke Telegram Saat Ada Gerakan
5 Langkah: Cara Membuat Notifikasi (Alert System) Kebocoran Gas LPG Via Telegram

Banyak temen-temen yang mengalami kegagalan dikala mencoba beberapa tutorial diatas padahal semua isyarat kegiatan sudah benar bahkan tidak ada ERROR sekalipun tapi tetap saja ESP8266 tidak merespon atau membalas pesan kita, alasannya yaitu memang tutorial diatas saya buat memakai device ESP32, hehehe...

Setelah 4 tutorial itu menyebar alhasil banyak temen-temen yang kontak saya untuk mengatasi modul mereka yakni ESP8266 yang tidak memperlihatkan respon atau memperlihatkan pesan tanggapan kepada akun-akun Telegram Bot yang telah mereka buat.

Singkat kata, memang di dalam 4 artikel diatas saya selalu tuliskan bahwa sanggup dipakai untuk ESP32 dan ESP8266, alasannya yaitu memang bekerjsama temen-temen hanya tinggal merubah library WiFi-nya saja, tidak perlu merubah library Telegram (Universal Telegram Bot) yang sudah tersedia.

Tutorial Cara Mengatasi Telegram Yang Tidak Merespon Pesan Kita (No Reply) atau (No Notification)

Cara mengatasinya sangat mudah, cukup 3 langkah saja maka temen-temen sanggup eksklusif mendapat notifikasi tanggapan dari ESP8266 melalui akun Telegram Bot yang telah temen-temen pakai, yup eksklusif saja simak penjelasannya di bawah ini :

1. Langkah pertama, buka aplikasi Arduino IDE yang sudah terinstal di laptop/PC temen-temen, jikalau belum punya instal sekarang.



2. Langkah kedua, Setelah terbuka pilihlah sajian Tools --> Board --> Boards Manager


3. Langkah ketiga, sehabis terbuka jendela gres yakni "Boards Manager Arduino" silahkan mengetikkan pada kolom pencarian yakni dengan kata "ESP8266" maka akan muncul board yang telah temen-temen install sebelumnya, jikalau temen-temen memakai versi diatas 2.4.0 atau di bawahnya sudah sanggup dipastikan Library Universal Telegram Bot tidak sanggup bekerja dengan baik, mungkin dikala ini temen-temen ada yang memakai versi (2.5.1) atau (2.5.0) atau yg lainnya, silahkan ubah pada versi 2.4.0 dan tekan tombol "Install" perhatikan gambar di bawah ini.


Sebelum melaksanakan beberapa langkah di atas, pastikan temen-temen sudah terhubung ke jaringan internet, jikalau tidak ada jaringan internet sanggup beli paketan atau cari wifi gratis di warung sebelah, hehehe.

Apablia temen-temen sudah menerapkan langkah-langkah di atas, silahkan mengupload kembali isyarat kegiatan yang temen-temen pakai sebelumnya, jadi jangan hanya di downgrade atau upgrade versi ESP8266 saja, tapi temen-temen WAJIB "REUPLOAD" isyarat kegiatan kedalam board ESP8266.

Terimakasih sudah membaca artikel di 3 Langkah Praktis Mengatasi Telegram Cuek "No Reply" Pada ESP8266" biar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan temen-temen, selamat mencoba dan salam sukses

Jangan lupa untuk share artikel ini ya ke temen-temen yang membutuhkan...

Comments

Popular posts from this blog

- Cara Mengendalikan Relay Memakai Esp32 + Blynk Wifi Connectify

Solusi Terbaik Untuk Tombol Boot Yang Menyebalkan Pada Esp32 Dev Kit

Tutorial Sensor Pir Dan Esp8266 : Mengirim Notifikasi Ke Telegram Dikala Ada Gerakan