5 Langkah: Cara Menciptakan Notifikasi (Alert System) Kebocoran Gas Lpg Via Telegram

 Cara menciptakan notifikasi kebocoran gas via Telegram 5 Langkah: Cara Membuat Notifikasi (Alert System) Kebocoran Gas LPG Via Telegram

Smarthome merupakan sebuah produk dari Internet of Things yang di dalamnya terdapat aneka macam manfaat. Dengan adanya smarthome, pekerjaan temen-temen untuk mengurus rumah di tengah-tengah kesibukan menjadi bisa terpenuhi, selain itu dengan adanya smarthome, kita bisa melindungi keluarga kesayangan kita dari kemungkinan terburuk datangnya musibah, salah satu misalnya ialah BAHAYA KEBOCORAN GAS LPG. 

Dalam kasus ibarat ini, perlu dibentuk sebuah alat yang bisa mendeteksi adanya kebocoran Gas LPG, dan di dalam waktu yang bersamaan, alat tersebut harus  bisa menawarkan (Alert) notifikasi kepada seluruh anggota keluarga melalui smartphone. Dalam dunia Internet of Things hal ini sering disebut sebaga (Early Warning System).

Persiapan Alat dan Bahan

Untuk menciptakan alat dengan fitur ibarat diatas, maka perlu dipersiapkan beberapa komponen antara lain :

1. ESP32 Devkit
2. Sensor Gas MQ-2
3. Kabel Jumper
4. LED 3 buah
5. Batterai atau Adaptor 5volt, bisa memakai charger hp
6. WiFi Hotspot

Setelah komponen-komponen diatas terkumpul, silahkan rangkai komponen tersebut ibarat gambar di bawah ini.


Apabila rangkaian sensor sudah akibat dibuat, maka langkah selanjutnya ialah uji coba baca sensor melalui Serial Monitor, hal yang harus dipersiapkan ialah "Library sensor Gas MQ-2", bisa temen-temen download disini, atau download di Github.

Selanjutnya letakkan file library Gas MQ-2 di My Documents > Arduino > Libraries, buka aplikasi Arduino IDE kemudian pilih File > Examples > cari Gas MQ-2 > Sorot dan buka filenya. Upload kegiatan tersebut ke board ESP32, apabila dah selesai, buka Serial Monitor (Shift + Ctrl + M).
Buatlah kalibrasi sensor yang berdasarkan temen-temen paling akurat, gres sehabis ini bisa dilanjut ke Alert System.

Cara Membuat Alert System Gas LPG Menggunakan Telegram 

Setelah akibat kalibrasi sensor, maka sanggup disimpulkan bahwa alat sanggup bekerja secara akurat dan bisa menawarkan data yang valid. Langsung saja berikut ini ialah hal yang harus dipersiapkan :

1. Akun Telegram
2. Bot Telegram (apabila belum punya silahkan baca artikel sebelumnya perihal "Cara Membuat Bot Telegram Untuk Sensor dan Kontrol Perangkat IoT")
3. Library Telegram (bisa didownload melalui Github atau klik disini)
4. Library WiFi khusus untuk ESP32 (biasanya satu paket dengan library umum dikala pertamakali install board ESP32) atau download di Github
5. Setelah semua kebutuhan telah terpenuhi, buatlah arahan kegiatan ibarat di bawah ini.



Tetap perhatikan arahan kegiatan yang berada di dalam kotak berwarna merah, silahkan sesuaikan sendiri (WAJIB), kode kegiatan diatas merupakan gambar jadi tidak bisa di copy, hal ini saya lakukan alasannya ialah terkadang temen-temen asal copy dan ada atribut yang tertinggal sehingga arahan kegiatan error.

Temen-temen bisa download arahan kegiatan yang sudah jadi disini, klik aja!, Setelah selesai, coba lihat hasil percobaan Alert System Deteksi Kebocoran Gas via Telegram.


Comments

Popular posts from this blog

- Cara Mengendalikan Relay Memakai Esp32 + Blynk Wifi Connectify

Solusi Terbaik Untuk Tombol Boot Yang Menyebalkan Pada Esp32 Dev Kit

Tutorial Sensor Pir Dan Esp8266 : Mengirim Notifikasi Ke Telegram Dikala Ada Gerakan