- Cara Berguru Internet Of Things Untuk Para Pemula (From Zero To Hero)

 Cara Belajar Internet of Things Untuk Para Pemula  - Cara Belajar Internet of Things Untuk Para Pemula (From Zero to Hero)

Masih Awam Dengan Internet of Things?

Buat abang yang masih gres mengenal apa itu Internet of Things (IoT), atau buat abang yang sudah jatuh cinta sama Internet of Things namun gundah harus ngapain dan gundah harus mulai dari mana.

Insyaallah artikel ini akan membantu abang supaya sanggup berguru secara perlahan dan eksklusif sanggup diterapkan di rumah.

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan?

Di dalam dunia Internet of Things banyak hal yang sanggup dipersiapkan, tergantung dari impian kita, apa yang abang ingin buat, dan seberapa besar kompleksitasnya, jikalau alat yang abang buat sangat lengkap dan mempunyai aneka macam fungsi dan fitur-fiturnya maka sudah sanggup dipastikan akan membutuhkan banyak perisapan alat, tenaga, otak, dan mental.

Bagi para pemula sanggup dicoba untuk menyiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Memahami bahasa C++ (dikit aja nggak apa2)
2. MCU (Arduino Ethernet, ESP8266, ESP32, GPRS Modul) Saran aku menggunakan ESP32
3. Sensor suhu DHT11
4. Modul Relay


Butuh Biaya Mahal Nggak?

Kakak damai dan nggak usah khawatir soal biaya, untuk berguru Internet of Things tidak dibutuhkan biaya yang mahal, sebagai rujukan yang akan dibahas pada artikel ini, simak apa saja yang harus abang beli :

1. ESP32 Devkit = 70rb
2. Sensor Suhu dan Kelembaban DHT11 = 25rb

Hanya dengan biaya 95rb abang sudah sanggup mulai berguru Internet of Things, selain itu abang sanggup mencoba rujukan hal lain, jikak abang ingin mengendalikan lampu rumah via internet, berikut ini yakni materi yang harus abang beli :

1. ESP32 Devkit = 70rb
2. Modul Relay 1 Channel = 12,5rb

Total belanja hanya 82,5rb, Murah Banget kan, dan dengan alat tersebut abang sudah eksklusif sanggup mengendalikan lampu melalui jaringan internet menggunakan aplikasi yang terpasang di smartphone kakak.


Apa Belajarnya Lama..... Bagaimana Tingkat Kesulitannya?

Tentu belajarnya nggak pakek usang kak untuk menciptakan project diatas, abang tinggal download aplikasi Arduino IDE di laptop, donwload library di Github, dan upload aktivitas di board MCU nya, Beres deh.

Saat ini sudah banyak kawasan berguru gratis di facebook, youtube dan telegram, abang tinggal tanya kepada para suhu/master jikalau abang mengalami kesulitan, bahkan di blog ini sudah aneka macam tutorial gratis yang terperinci dan terang buat abang yang berniat untuk belajar. Apa abang masih berfikiran kalau berguru Internet of Things itu sulit?


Apa Saya Bisa Menjadi Ahli/Mahir di Bidang Internet of Things?

Tenrtu saja sanggup kak, dengan tekat yang berpengaruh dan tekun belajar, serta sering mengikuti lembaga pembelajaran di facebook, Telegram, dan Youtube, atau kunjungi website Internasional yang membahas IoT Insyaallah abang akan cepat sekali mahir. Berikut ini yakni beberapa link grup berguru Internet of Things :

Group Facbook

Group Telegram

Website

Biasanya abang akan eksklusif mendatangi Youtube untuk belajar, namun terkadang tutorial di youtube masih belum selengkap website atau blog, sehingga abang akan tetap membutuhkan web untuk proses pengembangan pengetahuan.


Apa Saya Harus Ikut Training, Workshop, Kursus dll?

Semua itu tergantung pilihan kakak, semua ada plus dan minusnya, tentu saja jikalau abang mengikuti Training, Workshop dan kursus akan membutuhkan biaya lebih banyak, bahkan abang akan menghabiskan uang setidaknya 500rb hingga 1 juta, manfaatnya abang akan mendapat akta yang sanggup dipakai untuk melamar pekerjaan.

Kalau aku lebih menentukan berguru sendiri tanpa tutor atau pembimbing formal, aku lebih baik menjalin komunikasi dengan dunia luar dan mencari teman yang banyak, hal ini menjadi pilihan alasannya yakni aku ingin berguru sanggup bangun diatas kaki sendiri dan melatih kesabaran. Selain itu aku memang suka yang GRATISAN, hehehe. 

Saya berifikiran bahwa akan lebih irit jikalau menggunakan uang Training yang mahal untuk memperbanyak komponen untuk berguru pengembangan ilmu Internet of Things, jikalau terjadi masalah, aku tinggal tanya ke forum-forum online yang aku sebutkan diatas.

Langsung saja kak Tutorialnya..!

Ok berikut ini yakni tutorial - tutorial yang sanggup abang coba :

OK .. Sekarang Kakak Siap Menjadi Superhero Internet of Things

Semangat ya kak!!! Semoga Sukses.... Aaaamiiin

Comments

Popular posts from this blog

- Cara Mengendalikan Relay Memakai Esp32 + Blynk Wifi Connectify

Solusi Terbaik Untuk Tombol Boot Yang Menyebalkan Pada Esp32 Dev Kit

Tutorial Sensor Pir Dan Esp8266 : Mengirim Notifikasi Ke Telegram Dikala Ada Gerakan