Solusi Terbaik Untuk Tombol Boot Yang Menyebalkan Pada Esp32 Dev Kit

Solusi Terbaik Untuk Tombol Boot Yang Menyebalkan Pada ESP Solusi Terbaik Untuk Tombol Boot Yang Menyebalkan Pada ESP32 Dev Kit

Cara Mengatasi " Failed to connect to ESP32: Timed out waiting for packet "

Tutorialiot - Bagi para pecinta Internet of Things tentu saja sudah tidak aneh lagi dengan board ESP32 Dev Kit, board ini hampir sanggup dikatakan sangat memuaskan kalau dibandingkan dengan kakaknya ESP8266 atau NodeMCU, yup kalian niscaya sudah mengerti keunggulannya, yakni terletak pada jumlah pin digital dan analog yang lebih banyak, serta selisih harga antara kedua board ini berkisar 20rb saja, cocok untuk dijadikan pilihan.

Namun disela keunggulan yang ditawarkan oleh adiknya ESP8266 ini niscaya kalian sering direpotkan dengan tombol boot dikala ingin mengunggah instruksi aktivitas ke dalam board ESP32, bagaimana tidak, kalau tombol boot ini tidak ditekan maka proses upload instruksi aktivitas akan mengalami kegagalan, dan akan muncul goresan pena menyerupai sub judul diatas, repot kan?

Perlu juga temen-temen ketahui kalau normalnya board ESP32 Dev Kit harus berada dalam keadaan Flash ketika kalian ingin mengupload aktivitas pada board tersebut, berikut ini yaitu pesan yang sering kalian lihat ketika lupa menekan tombol BOOT.

A Fatal Error Occured: Failed to connect to ESP32: Timed out waiting for packet

Temen-temen nggak usah khawatir, kali ini tutorialiot akan membantu memecahkan duduk perkara tersebut, sehingga kalian nggak perlu repot-repot menekan tombol boot dikala upload program, dan semoga sanggup menciptakan board ESP32 kesayangan kalian sanggup berfungsi dengan baik serta tidak merepotkan. Oke pribadi saja temen-temen berikut ini yaitu komponen dan peralatan yang harus kalian siapkan :

1. Solder
2. Timah
3. Board ESP32 Devkit
4. Kapasitor 10uF

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Caranya sangat mudah, cukup hubungkan pin EN dengan GND memakai Kapasitor 10uF, jika kalian ragu dan takut gagal dikala  menyolder, atau kalian masih tidak yakin kalau cara ini berhasil, pribadi saja buat rangkaian menyerupai gambar di bawah ini.


Setelah simpulan menciptakan rangkaian menyerupai gambar diatas, coba saja dengan mengupload instruksi aktivitas ke dalam board ESP32 Dev Kit tanpa menekan tombol BOOT , Insyaallah berhasil, sebab sudah saya uji cobakan pada beberapa board ESP32 Dev Kit dan semuanya berhasil

Jika temen-temen sudah melaksanakan uji coba dan berhasil, sudah saatnya memasang kapasitor tersebut biar menempel pada board ESP32, perhatikan gambar di bawah ini supaya sanggup dijadikan sebagai rujukan pemasangan.


Berikut ini yaitu hasil pemasangan kapasitor 10uF pada board ESP32 Dev Kit melalui proses soldering.



Terimakasih sudah membaca arikel di Tutorialiot.com semoga sanggup menjadi ilmu yang bermanfaat, kalau abang suka, jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada temen-temen kalian juga ya. Salam Sukses....

Comments

Popular posts from this blog

- Cara Mengendalikan Relay Memakai Esp32 + Blynk Wifi Connectify

Tutorial Sensor Pir Dan Esp8266 : Mengirim Notifikasi Ke Telegram Dikala Ada Gerakan