Waspada Hujan Lebat! 5 Perangkat Iot Ini Patut Kalian Pasang Di Sekitar Rumah

 Perangkat IoT ini patut kalian pasang di sekitar rumah Waspada Hujan Lebat! 5 Perangkat IoT ini Patut Kalian Pasang Di Sekitar Rumah

Internet of Things merupakan sebuah terobosan teknologi yang memperlihatkan banyak manfaat, salah satunya ialah terciptanya sebuah sistem yang sanggup memperlihatkan bantuan mitigasi musibah khususnya banjir yang tiba setiap tahun ketika isu terkini hujan.

Setiap final dan awal tahun negara kita Indonesia tercinta selalu diguyur oleh hujan, beberapa tempat yang terkena guyuran hujan akan mendapat pasokan air yang berlimpah, namun ada juga yang kebanyakan dan balasannya banjir, hehehe.

Sebagai insan yang mempunyai perasaan, tentunya kita merasa prihatin atas bencanan banjir yang menimpa saudara-saudara kita. Negara ini mempunyai potensi untuk menanggulangi benacana tersebut, namun masih belum sepenuhnya SDM yang handal memperlihatkan bantuan berupa alat yang sanggup mendeteksi datangnya bencara secara dini (Early Warning System).

Dengan memakai semangat 45, kita harus bisa menciptakan alat yang bisa menyelamatkan banyak nyawa saudara kita. Ok eksklusif saja, berikut ini ialah alat yang bisa dijadikan tumpuan untuk project IoT kita selanjutnya, perangkat yang berada pada daftar di bawah ini masih dalam tahap prototipe dan pembelajaran, semoga bermanfaat :

1. Alat Pengukur Intensitas Curah Hujan Online
2. Alat Pengukur Tinggi Muka Air Sungai Online
3. Alat Pengukur Tinggi Muka Air Laut Online
4. Peringatan / Notifikasi Serentak ke Seluruh Smartphone Massal sebagai Mitigasi Bencana
5. Pembuka dan Penutup Otomatis Pintu Air Sungai Berdasarkan Debit dan Ketinggian Air

Sebagai langkah awal, untuk menciptakan 5 jenis alat tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras dan tekad yang berpengaruh supaya sistem yang dibentuk sanggup menjadi sarana untuk menyelamatkan masyarakat dari bencana. Dimulai dari bereksperimen, berikut ini ialah bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


  1. Alat Pengukur Intensitas Curah Hujan Online bisa dibentuk dengan memakai komponen antara lain: Arduino Mega/Uno/Nano, Bucket Sensor Curah Hujan, Module SIM808 GPRS, Kartu Perdana Aktif.
  2. Alat Pengukur Tinggi Muka Air Sungai dan Laut sanggup dibentuk dengan memakai komponen antara lain: Arduino Mega/Uno/Nano, sensor Max Sonar, Module SIM808 GPRS, Kartu Perdana Aktif
  3. Peringatan Notifikasi Bencana di Smartphone sanggup dibentuk memakai beberapa komponen diatas, inti dari proses peringatan tersebut ialah ketika terjadi perubahan data yang tidak wajar, maka perangkat IoT tersebut akan mengirimkan notifikasi secara serentak ke seiap gadget masyarakat, aplikasi yang paling ketika ini gampang dipakai sebagai pengingat ialah Telegram.
  4. Pembuka dan Penutup Otomatis Pintu Air Sungai sanggup dibentuk dengan memakai komponen antara lain: Arduino Mega/Uno/Nano, Sensor Max Sonar, Sensor Debit Air, Motor Listrik AC, Rangkaian Gearbox, dan Modul Relay. Data yang dikirimkan ke sistem monitoring ialah Tinggi Muka Air, Debit Air, Kondisi Pintu Sungai (Close/Open), Waktu terakhir sistem bekerja.
Beberapa gagasan diatas merupakan sebuah terobosan yang seharusnya bisa kita buat, sehingga bisa memperlihatkan manfaat untuk masyarakat luas. Pada postingan yang akan datang, akan kita kupas tuntas bagaimana cara menciptakan ke 5 sistem yang sudah disebutkan diatas.
  


Comments

Popular posts from this blog

- Cara Mengendalikan Relay Memakai Esp32 + Blynk Wifi Connectify

Solusi Terbaik Untuk Tombol Boot Yang Menyebalkan Pada Esp32 Dev Kit

Tutorial Sensor Pir Dan Esp8266 : Mengirim Notifikasi Ke Telegram Dikala Ada Gerakan